Syi’ar Dakwah Parenting

Syi’ar Dakwah Parenting SMK Muhammadiyah 2 Andong

SMK Muhammadiyah 2 Andong kembali menyelenggarakan sebuah acara penting yaitu Syi’ar Dakwah Parenting Unggulan pada Kamis, 16 Juni 2022 kemudian dilanjutkan pengambilan Rapot oleh Wali Murid. Syi’ar Dakwah Parenting adalah kegiatan rutin yang diselenggarakan di setiap kenaikan kelas Siswa Creative dan Bording SMK Muhammadiyah 2 Andong.

Parenting Bersama Wali Murid

Parenting?

Apa itu Parenting?

Secara garis besar Parenting memiliki arti sebuah pekerjaan dan keterampilan orang tua dalam mengasuh anak.

Menurut Jerome Kagam (1997), pengasuh berperan sebagai serangkaian keputusan tentang sosialisasi pada anak, yang mencakup apa yang harus dilakukan oleh orang tua agar mampu bertanggung jawab dan memberikan konstribusi sebagai anggota masyarakat.2

Parenting Bersama Wali Murid

Orang tua diharapkan dapat memahami tentang Parenting agar dapat meningkatkan kesuksesan dalam menuntun anak menjadi lebih baik.

Parenting Skill yang juga dikenal dengan pola asuh yaitu, sebuah skill dimana terjadi interaksi dari orang tua kepada anak seperti dalam penerapan aturan, pengajaran nilai atau norma, pemberian perhatian dan kaisih sayang serta menunjukkan sikap dan prilaku yang baik sehingga dijadikan contoh oleh anaknya.3

—– —————-

—– —————-

Syi’ar Dakwah Parenting SMK Muhammadiyah 2 Andong

Oleh sebab itu,,

Kegiatan ini memiliki tujuan untuk mensosialisasikan kepada orang tua agar dapat memahami fase perkembangan anak dan dapat mengimbanginya, membina anak menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan berakhlak mulia.

Pendidikan Akhlak penting untuk ditekankan kepada anak sejak dini agar dapat di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagaimana Rasulullah diutus ke dunia ini untuk menyempurnakan akhlak manusia dalam QS. At-Tahrim ayat 6.

Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikatmalaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.”1

—————————————————

—————— ——–

—————– ——–

Sumber:

1 Ningrum, Fadhlika Cahya. 2021.”Urgensi Pengetahuan Parenting Skill Islami Bagi Orang tua untuk Pembinaan Akhlak Anak.”

2 Astuti, Novi Fuji. 2021. “Parenting adalah Pola Asuh Orang Tua terhadap Anak, Kenali Jenis-jenisnya”. merdeka.com, www.merdeka.com/jabar/parenting-adalah-pola-asuh-orang-tua-terhadap-anak-kenali-jenis-jenisnya-kln.html. 12 Juni 2021.20 Juni 2022.

3 Lilis Satriah, Hajir Tajiri, Yuliani, Parenting Skills untuk Membangun Karakter Anak ( Aplikasi Dakwah melalui Bimbingan Kelompok), (Bandung: Tim Riset Pengabdian, 2019)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *