SEGUDANG PROJEK HASIL BELAJAR DITAMPILKAN DALAM GELAR KARYA SISWA

Gelar Karya SMK Muhammadiyah 2 Andong, Boyolali
Gelar Karya Parenting Creative and Boarding School

Kegiatan gelar karya dilaksanakan oleh SMK Muhammadiyah 2 Andong  Boyolali pada Jum’at, 30 September 2022. Kegiatan tersebut diadakan sebagai bagian dari P5 atau Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pancasila pada kurikulum merdeka. Gelar Karya dilaksanakan di masing-masing kelas dan diikuti oleh oleh peserta didik kelas X, XI,dan XII. Terdapat stand makanan, stand musik, stand publik speaking, dan beberapa projek tradisional yang ditampilkan oleh para siswa. Selain berjualan, bakat yang ditampilkan antara lain: 1) Bernyanyi; 2) Bermain gitar; 4) Menari; 5) Rebana; dan 5 ) Karawitan. Adapun peserta Gelar Karya yang ikut partisipasi antara lain: 1) Pelajar; 2) Guru dan karyawan; dan 3) Wali murid.

Gelar Karya Seni Tari

Kegaiatan Gelar karya diramaikan oleh para siswa yang gotong royong mendekorasi kelasnya, mereka menata meja dan kursi sedemikian rupa untuk membuat kelas terlihat lebih menarik. Selain para pelajar yang berantusias, para guru juga sangat antusias mengikuti kegiatan Gelar Karya ini. Para guru berkeliling ke semua kelas untuk menilai hasil karya para pelajar atau pun membeli makanan dan minuman hasil karya siswa. Adapun berbagai makanan dan minuman yang dijual itu antara lain: 1) Pempek; 2) Pecel; 3) Lemet; 4) Roti; 5) Rujak; 6) Odading; 7) Lotis; 8) Mochi; 9) Jamu; dan 10) Es teh.

Para pelajar mengadopsi beberapa mata pelajaran untuk membuat kegiatan ini berjalan lebih maksimal. Dapat disaksikan pameran kelas digital sains dan aneka kuliner yang bisa langsung dibeli dan dinikmati. Untuk kegiatan seni seperti rebana modern dan Karawitan ditayangkan secara online sehingga para pelajar, orang tua, dan masyarakat dapat mengakses setiap waktu. Dalam kondisi tersebut para pelajar tetap melakukan KBM sesuai jadwal. Kuliner yang digelar pada gelar karya tersebut tidak memperbolehkan siapa pun makan di tempat agar melatih peserta didik membeli makanan sehat dibungkus dan dibawa untuk dimakan dikelas masing-masing dengan pendamping guru guna menghindari kerumunan.

Gelar Karya Berwiraswasta
SEGUDANG PROJEK HASIL BELAJAR DITAMPILKAN DALAM GELAR KARYA SISWA

Drs.Kamtar selaku kepala sekolah SMK Muhammadiyah 2 Andong menerangkan bahwa tujuan kegiatan gelar karya ini selain sebagai wadah menampilkan kreativitas juga untuk memotivasi para pelajar dalam pemulihan pembelajaran kembali di mana pada tengah pandemi para pelajar tetap bisa berprestasi, berkarya, dihargai untuk mengembangkan nilai ekonomi, dan membangun karakter pelajar. Setelah 3 bulan diberikan pembekalan teori dan praktik, para peserta didik menggelar karya sebagai hasil praktik yang telah dikerjakan selama di sekolah. Gelar karya ini mengangkat tema Membangun Masa Depan Yang Lebih Baik.

Gelar Karya Seni Gambar

“Kami sudah mempersiapkan beberapa karya yang terkait dengan riset dan inovasi untuk kedaulatan pangan dan energi. Hasil gelar karya kewirausahaan membuktikan bahwa kerja keras mereka dari sejaka belajar secara teori di dalam kelas dapat membuat para pelajar lebih paham dan mendalami sekaligus mempraktikkan secara langsung tentang bagaimana memulai usaha mandiri dan menjadi wirausahawan yang sukses.” Ujar Drs. Kamtar.  Bimbingan bapak ibu guru juga sangat bermakna dan penting dalam menumbuhkan serta mengembangkan potensi karakter pelajar yang percaya diri, mandiri, kolaborasi, tanggung jawab, memiliki rasa empati, dan sosial serta gotong royong yang tinggi agar mereka dapat menjadi insan yang sukses dan ber-Akhlakul Karimah dimasa depan.

Penulis: Novita

Penulis 2: Ahmad Nur

Editor: Setyo Eko Wahyu Addin Nugroho

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *