Al-Islam

Keagamaan

DARUL ARQOM GURU dan KARYAWAN SMK Muhda

Rina Maryani | Senin, 06 November 2017 - 11:45:10 WIB | dibaca: 124 pembaca

Sabtu, 4 November 2017 SMK Muhammadiyah 2 Andong mengikuti kajian atau kegiatan Darul Arqom di MIM Brangkal. Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan Keimanan dan Takwaan Kita kepada Allah SWT.

Acara ini diselenggarakan langsung oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kecamatan Andong, Peserta yang ikut adalah seluruh Guru dan Karyawan yang bekerja di Instansi Pendidikan Muhammadiyah dari Paud Sampai SMA/SMK Muhammadiyah sekecamatan Andong.

SEJARAH DARUL ARQAM (RUMAH ARQAM) sendiri sumber dari website doa dan kajian islami,

Daarul Arqom (Daarul = Rumah, Arqom = Arqom) adalah rumah yg dijadikan oleh Rasulullah SAW sebagai lembaga pendidikan Islam pertama. Dari rumah inilah Islam tersebar ke seluruh dunia kelak.

Di rumah inilah Rasulullah saw mengajarkan wahyu yg telah diterimanya kepada kaum muslimin secara diam-diam. Saat itu seperti pemeluk Islam dimusuhi dan disiksa kaum musyrik. Akhirnya beliau memutuskan bahwa rumah Al-Arqom bin Abil Arqom yg terletak di dataran Shafa ini adalah tempat yg cocok dan tersembunyi.

Pada tahun 171 H Daarul Arqom (rumah Arqom) dibongkar karena perluasan tempat sa’i dan Masjidil Haram.

Al-Arqam bin Abil Arqam termasuk orang-orang yg pertama memeluk Islam.

Salah satu orang terakhir yg memeluk Islam di tempat itu adalah Umar bin Khattab. Setelah Umar memeluk Islam, dakwah mulai dilakukan secara terang-terangan. 40 orang. Pemeluk Islam pertama itu dikenal dgn nama Assabiqunal Awwalun. Al-Arqom saat wafat Jenazahnya dishalati oleh Sa’ad bin Abi Waqqash.

Di SMK Muhammadiyah 2 Andong, untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita tidak perlu dengan paksaan, dengan tulus dan iklas kami melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab kami sepenuhnya untuk Dunia dan Akhirat. Semoga apa yang dapatkan dapat juga bermanfaat bagi siswa, masyarakat, dunia dan akhirat AAmiin ..... 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)