Prestasi

Jadi Siswa Berprestasi di Sekolah SIAPA TAKUT!

Rina Maryani | Jumat, 05 Januari 2018 - 14:26:29 WIB | dibaca: 90 pembaca

Menjadi siswa berprestasi di sekolah, kadang-kadang menjadi  hal  yang rumit untuk diwujudkan bagi sebagian siswa. Namun sebagian lagi tidak ambil pusing dengan hal ini. Yang penting dapat menjalani proses pembelajaran sebagaimana mestinya setiap hari.

yang menjadi tolok ukur siswa berprestasi? Tidak ada formulasi yang baku tentang hal ini. Siswa dikatakan berprestasi di sekolah apabila memperoleh hasil belajar yang sangat memuaskan. Benar! Tapi sangat memuaskan bagaimana?

Biasanya, siswa yang meraih juara 1 sampai 3 saat menerima rapor akan diumumkan oleh guru dan tampil ke depan siswa lainnya. Ada juga saat menerima rapor bersama orang tua sehingga siswa berprestasi tersebut tampil di podium bersama orang tuanya. Ini pastilah sangat membahagiakan siswa dan orang tuanya.

Tips-Tips Sukses menjadi siswa berprestasi di Sekolah

1.Rajin Beribadah

Siswa yang taat beribadah kepada Allah SWT akan selalu berdoa untuk kesuksesan dirinya dalam menggapai hasil belajar yang baik. Mereka memiliki keterkaitan spiritual yang kuat dengan Yang Maha Kuasa.

2.Membagi waktu dengan baik

Seorang siswa yang ingin berprestasi belajar harus bisa membagi waktu dengan baik agar berprestasi di sekolah. Bisa membagi waktu antara belajar, bermain, membantu orang tua, istirahat, termasuk main facebook-an, twiter-an atau blogging bagi yang sudah terlanjur hobi berselancar di dunia maya.

3.Meminati semua mata pelajaran

Kurang menyukai satu atau beberapa mata pelajaran di sekolah merupakan suatu kerugian bagi siswa yang ingin berprestasi. Mengapa? Otomatis nilai pada mata pelajaran ini juga kurang memuaskan sehingga mempengaruhi jumlah nilai semua mata pelajaran.

4.Menunjukkan sikap dan prilaku baik

Guru lebih cenderung akan tertarik kepada siswa yang bersikap dan berprilaku baik. Apalagi yang rajin masuk sekolah dan menaati peraturan sekolah sehingga Guru tidak akan ‘pelit’ memberi nilai. Sikap dan tingkah laku siswa termasuk unsur penilaian sikap dalam pendidikan.

5.Rajin mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah

Kesalahan yang umum dilakukan siswa adalah kemalasan mengerjakan tugas dan pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru. Pertama sekali yang dilihat guru adalah,  apakah tugas yang diberikan ada dikerjakan siswa atau tidak.

Guru belum melihat apakah yang dikerjakan siswa, benar atau salah. Nah, jika semuanya dikerjakan dan ternyata pekerjaan siswa benar, peluang emas bagi siswa untuk mendapat nilai yang memuaskan.

6.Memiliki motivasi yang tinggi

Untuk menjadi siswa berprestasi perlu adanya motivasi atau dorongan semangat yang tinggi untuk belajar dan meraih prestasi. Oleh sebab itu siswa perlu meningkatkan motivasi belajar sendiri.

Faktanya, jarang ada siswa yang rendah motivasi belajarnya akan mendapat juara di kelas.

7.Menguasai cara belajar yang efektif

Siswa yang menguasai cara belajar efektif akan mudah untuk mencapai hasil belajar yang memuaskan. Termasuk di dalamnya bagaimana cara menghadapi ujian kenaikan kelas. Nilai ujian kenaikan kelas memiliki prosentase yang lebih besar dari unsur-unsur penilaian yang lain.

Semoga Bermanfaat!!! 

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)