Pendidikan

Team Mahasiswa dari UNS sosialisasi BIDIK MISI di SMK Muhda

Rina Maryani | Kamis, 24 Januari 2019 - 08:30:05 WIB | dibaca: 123 pembaca

Foto bersama Mahasiswa UNS dengan Team BKK SMK Muh 2 Andong

Baru tahun ini, SMK Muhammadiyah 2 Andong masuk dalam jajaran sekolah tingkat SMA/SMK yang disosialisasi langsung oleh team Mahasiswa dari Universitas Sebelas Maret Surakarta.
 
Sosialisasi tentang BIDIK MISI Mahasiswa baru untuk siswa siswi SMK Muhammadiyah 2 Andong yang masih kelas XII dan ingin melanjutkan di jenjang perguruan Tinggi.
 
Siswa kelas XII sangat antusia dan semangat mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut, Mahasiswa UNS dengan sabar menyampaikan tujuan mereka hadir di SMK Muhda.
 
Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Program Bidikmisi merupakan salah satu program unggulan pemerintah yang pelaksanaannya sudah dimulai sejak tahun 2010. Jumlah peminat Program Bidikmisi menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun, untuk tahun 2016 tercatat sebanyak 416.428 pelamar tetapi hanya sekitar 75.000 saja yang bisa diakomodir karena keterbatasan anggaran pemerintah.

Hingga pertengahan tahun 2016, lebih dari 200 alumni Bidikmisi berhasil mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dengan dukungan penuh beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), Kementerian Keuangan Republik Indonesia (Kemenristekdikti).

Perlu diketahui bahwa Bidikmisi berbeda dengan beasiswa. Beasiswa yang berfokus pada memberikan penghargaan atau dukungan dana terhadap mereka yang berprestasi, sedangkan Bidikmisi berfokus kepada yang memiliki keterbatasan kemampuan ekonomi (lihat penjelasan Pasal 76 UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi).

Walaupun demikian, syarat prestasi pada Bidikmisi ditujukan untuk menjamin bahwa penerima bidikmisi terseleksi dari yang benar-benar mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi. (Dikutip dari laman Bidikmisi)

Dengan adanya Bidikmisi ini, maka bisa memberikan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik. Selain itu, diharapkan pula bisa meningkatkan prestasi mahasiswa, baik pada bidang kurikuler, ko-kurikuler, maupun ekstra kurikuler.

Bagi siswa-siswi yang keluarganya tidak mampu secara ekonomi, silahkan ajukan diri untuk mengikuti program Bidikmisi. Konsultasikan hal tersebut pada kepala sekolah agar kalian bisa direkomendasikan untuk mengikuti program Bidikmisi.

Nah, berikut ini admin berikan informasi lengkap seputar Bidikmisi yang diperuntukkan bagi Pihak Sekolah ataupun siswa-siswi yang ingin mendaftar Bidikmisi pada tahun ini. 
Sumber dari:https://www.pendaftaranpmb.web.id/2017/03/pendaftaran-bidikmisi.html 
 
Semoga siswa SMK Muhammadiyah 2 Andong dapat diterima melalui BIDIK MISI tahun pelajaran 2019/2020
 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)