Sosialisasi Teaching Factory Multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Andong

Alhamdullilah telah terlakasana kegiatan Teaching Factory di SMK Muhammadiyah 2 Andong pada hari Kamis – Sabtu, 4 – 6 Juli 2019. Kegiatan Teaching FActory atau TEFA merupakan pembelajaran untuk siswa sesuai dengan dunia usaha atau indurtri

A.     Latar Belakang

Boyolali yang terkenal dunia pariwisatanya tentunya tidak akan terlepas dari sarana atau media iklan (Advertising) sehingga di Boyolali banyak berdiri Biro iklan dan Biro Jasa Printing, Terhitung sekitar 20an lebih perusahaan khusu Digital Printing & Video Shooting di Boyolali, serta bebearapa tahun belakangan (2015-2017) serapan lulusan jurusan Multimedia SMK Muhammadiyah 2 Andong didominasi bidang periklanan khususnya Perusahaan Digital Printing & Video Shooting di wilayah Boyolali dan sekitarnya.

Untuk merespon pasar Digital Printing & Video Shooting tersebut SMK Muhammadiyah 2 Andong berinisiatif untuk menyelenggarakan pembelajaran berbasis Teaching Factory (TEFA), dimana model pembelajaran ini diharapkan mampu memberikan pengalaman kerja nyata di DU/DI dan tentunya sekolah akan mendapatkan transfer teknologi terbaru dari DU/DI sehingga menghasilkan lulusan yang siap kerja dalam dunia advertising khusunya bidang Digital Printing & Video Shooting.

Program teaching factory (TEFA) merupakan perpaduan pembelajaran yang sudah ada yaitu, competensi based training (CBT), dan production based training (PBT), dalam pengertiannya bahwa suatu proses keahlian atau keterampilan (life skill) dirancang dan dilaksanakan berdasarkan prosedur dan standar bekerja yang sesungguhnya. Untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan tuntutan dunia industri (pasar/konsumen). Teaching factory merupakan model pembelajaran yang berorientasi kepada bisnis dan produksi. Aplikasi program teaching factory adalah dengan cara memadukan konsep bisnis dan pendidikan kejuruan sesuai dengan kompetensi keahlian yang relevan, misalnya pada pembuatan MMT, Undangan, ID Card, PIN, video syuting, website dll

Sebagai perwujudan nyata/implementasi dari program teaching factory SMK Muhammadiyah 2 Andong menerapkan konsep teaching factory dalam kegiatan pemebelajaran sekolah. Untuk mendukung program ini SMK Muhammadiyah 2 Andong bermitra dengan:

1.    MTA TV

2.    TV Ku

3.    Multigrafika

4.    Percetakan Octras

5.    Percetakan Progfesif

6.    Toko Komputer Mandala solo

7.    Video Syuting Cahaya

8.    Solonet

9.    Prisma Komputer

10.  Bank syariah

Dalam penyelanggaraan kegiatan teaching factory melibatkan guru dan siswa. Melalui metode ini siswa dan guru mendapat pengalamn langsung karena didampingi oleh instruktur yang sudah berpengalamn dari pihak industri.

Program teaching factory merupakan langkah positif yang ditawarkan oleh pihak SMK Muhammadiyah 2 Andong kepada siswa dan orangtua/wali murid untuk mengembangkan jiwa enterprener, dengan harapan siswa lulusan SMK Muhammadiyah 2 Andong dapat langsung masuk dunia kerja.

B.     Tujuan

1.   Membantu siswa memilih bidang kerja yang sesuai dengan kompetensinya;

2.   Mempersiapkan lulusan SMK menjadi pekerja profesioanal dalam bidang Digital Printing & Video Shooting.

3.   Menumbuhkan kreatifitas siswa melalui learning by doing;

4.   Memberikan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja;

5.   Menumbuhkan jiwa wirausaha pada setiap siswa

C.     Rencana Pelaksanaan

Pelaksanaan program teaching factory di SMK Muhammadiyah 2 Andong, mengaplikasikan kegiatan pembelajaran dan kegiatan produksi secara seimbang sehingga siswa memiliki bekal pengetahuan dan skill yang memadai untuk  menghadapi dunia kerja yang semakin ketat persaingannya. Bidang-bidang kegiatan teaching factory di SMK Muhammadiyah 2 Andong rencana akan diadakan di kantor Teaching Factory yang terletak didepan kantor SMK Muhammadiyah 2 Andong.

D.     Manajemen

Manajemen yang mengelola Tempat Teaching Factory Digital Printing & Video Shooting Multimedia SMK Muhammadiyah 2 Andong ini terdiri dari pimpinan sekolah serta Guru Produktif Multimedia di SMK Muhammadiyah 2 Andong. 

E.     Team Pelaksana

NO.NAMAJABATAN DALAM PANITIA
1.Penanggung JawabM. Agus Sriyono, S.Pd
2.Kepala SekolahDrs. Kamtar
3Rina Maryani, S.KomKetua
4Joni, S.KomSekretaris
5Apriliana Tri Astuti,S.Pd.Bendahara
6.Indriyanto Nur C, S.PdKord. Fasilitas dan Sarana Prasarana
7.Awang Yulian ThoharDesainer
8.Aldhi IndrawanOperator
9.Muh Solikhin, S,Sn.Marketing

 Jadwal Pelaksanaan Kegiatan

Terlampir…silahkan lihat disini  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *