Memperingati bersama Hari Lahirnya Pancasila

Sejarah Pancasila

Hari Lahir Pancasila diperingati pada setiap tanggal 1 Juni. Hal ini berawal dari suatu kegiatan rapat Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) sedang diselenggarakan. Rapat ini merupakan sidang pertama yang diselenggarakan oleh BPUPKI pada tanggal 29 Mei hingga 1 Juni 1945.
Bertepatan pada tanggal 1 Juni 1945, Ir. Soekarno menyampaikan gagasannya tentang dasar dari negara:

Sekarang banyaknya prinsip: kebangsaan, internasionalisme, mufakat, kesejahteraan, dan ketuhanan, lima bilangannya. Namanya bukan Panca Dharma, tetapi saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa – namanya ialah Pancasila. Sila artinya asas atau dasar, dan di atas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi.

Dilanjutkan dengan pembentukan panitia kecil untuk merumuskan Undang-Udang Dasar (UUD) hingga perumusan Pancasila selesai dan dicantumkan ke dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, kemudian disahkan dan dinyatakan sebagai dasar negara Indonesia merdeka pada 18 Agustus 1945 oleh BPUPKI.

Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022

Peristiwa tersebut kini diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila setelah melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, Pemerintah menetapkan tanggal 1 Juni 1945 ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus sebagai Hari Libur Nasional.

Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022!
Walaupun berbeda agama, suku, bangsa, dan budaya tetapi Indonesia masih Tetap satu.

Sumber:
https://www.bkn.go.id/berita/indonesia-peringati-1-juni-sebagai-hari-lahir-pancasila
https://www.akseleran.co.id/blog/hari-lahir-pancasila/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *