Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star
(Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Nama : Fajar kus nugroho
No.UKG: 201507838373
Asal Intansi : SMK Muh 2 Andong BYL
Lokasi
SMK MUH 2 ANDONG
Jln. Raya Kacangan Andong Boyolal
Lingkup PendidikanSekolah Menengah Kejuruan
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan fokus belajar siswa dan pemanfaatan penggunaan Hand Phone untuk pembelajaran
PenulisFajar kus nugroho
Tanggal18 Januari 2023
Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

















Latar belakang masalah dari praktik pembelajaran ini adalah :
1. Guru kurang menguasai metode pembelajaran yang inovatif untuk itu perlu adanya LKPD dan kelompok diskusi siswa.
2. Guru cenderung memakai cara klasik dan monoton dipembelajaran dan kurang memanfaatkan video reality yang ada di youtube atau pembuatan ppt yang menarik sebagai bahan belajar .
3. Siswa belum menyiapkan aplikasi mesin simulator dalam HP disaat pembelajaran

Praktik pembelajaran ini menurut saya penting untuk dibagikan karena saya kira banyak rekan guru yang mengalami permasalahan yaitu siswa yang kurang fokus belajar dan penggunaan HandPhone yang tepat untuk pembelajaran, sehingga praktik ini diharapkan selain bisa memotivasi diri saya sendiri menjadi yang baik juga diharapkan bisa sedikit berbagi pengalaman bagi rekan guru lain.

Saya yang berperan sebagai guru praktik mempunyai tanggung jawab supaya siswa fokus praktik dan dapat melakukan proses praktik ini secara efektif dan yang terpenting aman, dengan menggunakan metode, media, dan model pembelajaran yang variatif dan inovatif sehingga tujuan praktik dan hasil belajar praktik siswa bisa tercapai sesuai dengan yang diharapkan.
Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut Siapa saja yang terlibat,













Hal yang menjadi tantangan dalam praktik ini antara lain:
1. Pemilihan model pembelajaran harus memperhatikan sesui dengan karakteristik materi pelajaran dan karakteristik siswa
2. Meningkatkan keaktifan siswa melalui proses pembelajaran agar siswa terus berkembang mental dan kepribadiannya melalui pemberian LKPD dan diskusi dalam kelompok
3. Pemilihan media pembelajaran yang variatif untuk menarik minat dan semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran
4. Penempatan wiffi yang lebih banyak untuk pembelajaran

Dilihat dari keempat tantangan tersebut diatas bisa di simpulkan bahwa tantangan yang dihadapi untuk mencapai tujuan yaitu meningkatkan fokus belajar siswa dan pemanfaatan penggunaan Hand Phone untuk pembelajaran akan melibatkan guru, siswa dan toolman dari Jurusan TJKT dan DKV untuk kelancaran internet pembuatan video. Guru harus mengembangkan kompetensi pedagogik dan professional, dan siswa aktif belajar secara kelompok dalam proses pembelajaran.
Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/strategi apa yang digunakan/bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini














































Langkan_langkah yang dilakukan untuk tantangan yang dihadapi antara lain:
1. Pemilihan Model Pembelajaran
a. Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan model pembelajaran adalah dengan memilih model pembelajaran Project Base Learning yang cocok untuk materi pembelajaran dan karekteristik siswa
b. Proses pembuatan model pembelajaran ini dimulai dari mempelajari materi yang akan diberikan , kemudian guru merencanakan siswa yang praktik tidak banyak menunggu untuk giliran praktik dimesin yang jumlahnya terbatas
c. Sumber daya yang diperlukan untuk membuat model pembelajaran ini antara lain ada pekerjaan atau pesanan yang selalu ada disemua kompetensi mesin
2. Meningkatkan keaktifan siswa
a. Strategi untuk meningkatkan keaktifan siswa dengan pemilihan metode pembelajaran yang saya ambil adalah metode diskusi, tutor sebaya yang mana siswa akan saling bertukar pikiran dan pengetahuan untuk memecahkan permasalahan dari Lembar Kerja Peserta Didik
b. Proses pembuatan metode pembelajaran ini dimulai dari mempelajari materi yang akan didiskusikan oleh siswa untuk mendapatkan hasil diskusi yang baik dan selanjutnya akan dipresentasikan
c. Sumber daya yang diperlukan untuk membuat metode pembelajaran ini antara lain memilihan salah 1 siswa yang mempresentasikan hasil diskusi dari tiap kelompok
3. Pemilihan media pembelajaran
a. Strategi yang dilakukan guru dalam pemilihan model pembelajaran adalah dengan memilih model pembelajaran Project Base Learning dan Problem Base Learning yang cocok untuk materi pembelajaran dan karekteristik siswa
b. Proses pembuatan media pembelajaran ini dimulai dari penentuan bahan ajar yang kemudian guru merancang tampilan power point dan video reality, setelah mendesain baru guru mulai membuat media ini sesuai materi pembelajaran dan sudah tersimpan digoogle drive semuanya
c. Sumber daya yang diperlukan untuk membuat media pembelajaran ini antara lain pengetahuan guru dalam menggunakan power point dan video reality seperti komputer/laptop, jaringan internet dan jangka sorong sebagai observasi langsung.
4. Penempatan wiffi yang lebih banyak
a. Strategi yang dilakukan guru dalam Penempatan wiffi disini adalah secara
kondisional untuk melancarkan proses penyampaian materi pembelajaran
b. Proses Penempatan wiffi yang lebih banyak adalah dengan menggunakan jalur internet yang sudah terpasang yang melibatkan sarpras jadi pas dibutuhkan untuk pembelajaran tinggal pasang dan sudah siap digunakan
c. Sumber daya yang diperlukan untuk Penempatan wiffi yang lebih banyak adalah dengan minta bantuan ketoolman TJKT untuk memasangkan TP Link dijaringan kabel internet yang dekat kelas yang untuk pembelajaran
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut





















Dampak dari aksi dan langkah- langkah yang telah dilakukan adalah
1. Pemilihan model, metode dan media pembelajaran yang sesuai dapat membantu siswa untuk meningkatkan fokus belajar siswa dan siswa lebih antusias dalam penggunaan Hand Phone dipembelajaran
2. Penggunaan teknologi/ inovasi berdampak langsung pada pembelajaran yang lebih menarik serta meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

Dengan menerapkan secara runtut dan benar dari observasi rencana aksi akan berdampak langsung pada pembelajaran yang lebih menarik serta meningkatkan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan menelurkan hasil yang efektif terutama pada ketuntasan pembelajaran.

Respon rekan guru terkait strategi yang dilakukan adalah menyambut dengan baik dan mendukung selalu untuk kemajuan proses pembelajaran disekolah.

Yang menjadi faktor keberhasilan dalam strategi dipembelajaran ini adalah pemilihan model, metode, dan media pembelajaran yang matang serta pengembangan observasi rencana aksi yang telah disusun. Faktor keberhasilan yang lain juga ditentukan penyusunan LKPD yang inovatif dan HOTS (siswa diajak langsung membuat proses pengerjaan dari pesenan yang diterima tefanya Teknik Pemesinan) serta adanya keaktifan siswa dalam mengikuti seluruh rangkaian proses pembelajaran. Mempersiapkan bahan ajar yang baik sangat mendukung proses pembelajaran yang baik.

One thought on “Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star
(Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *